Yang Perlu Anda Tahu Tentang Search Engine Optimization

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses untuk meningkatkan kesempatan konten ditemukan oleh orang yang menggunakan mesin pencarian organik.
Ketika Anda melakukan pencarian di Google, Anda akan melihat iklan berbayar dan listing organik pada halaman hasil pencarian. Iklan berbayar biasanya berada di bagian atas halaman hasil pencarian. Tautan dan deskripsi di bagian bawahnya mengacu pada hasil pencarian organik.
Yang kita bahas kali ini adalah semua hal yang bisa meningkatkan visibilitas pada mesin pencarian untuk listing organik ini.
Dan berikut ini apa saja yang perlu Anda ketahui tentang SEO:

Konten adalah raja

Photo credit: Google
Apa yang dimaksud konten? Konten adalah teks. Konten adalah gambar. Konten adalah video. Konten adalah suara. Konten adalah semua yang bisa terindeks oleh mesin pencarian. Ketika orang mengatakan konten adalah raja, mereka mengisyaratkan kalau konten adalah aturan dari dunia online dan permainan SEO.
Google menyukai konten. Bila orang menerima Google karena pilihan sumber yang tepat, konten Google yang relevan akan menang. Ketika Anda menggunakan Google, mereka menyajikan iklan dan mereka menghasilkan banyak keuntungan dari iklan. Hal yang sama berlaku pada Bing, Facebook, LinkedIn, dan saluran online lainnya.
Apakah ini membuat konten sebagai raja? Banyak orang menganggap demikan, tapi ada juga yang tidak sependapat. Yang perlu Anda ketahui adalah, konten dalam website sangat penting.
Konten yang baik mengalirkan traffic. Kadang tidak juga. Tapi secara keseluruhan, kualitas konten yang Anda ciptakan akan mempengaruhi visibilitasnya pada halaman hasil pencarian.

Layout halaman penting

Photo credit: Google
Ketika Anda menciptakan konten, bila Anda melakukannya sesuai aturan Google biasanya ini akan meningkatkan kesempatan Anda untuk ditemukan.
Melakukan riset kata kunci untuk menentukan apa yang orang cari bisa jadi cara yang sangat efektif. Menciptakan konten yang banyak orang cari merupakan taktik efektif SEO.
Mengikuti rekomendasi Google tentang layout halaman juga perlu Anda lakukan. Anda tahu apa yang disebut meta title tag? Bagaimana dengan deskripsi meta atau H1 tag? Apakah Anda tahu bagaimana memilih tautan anchor text?
Intinya, ketika mengembangkan konten, lakukan dengan cara yang membantu Google menentukan apa isi konten Anda. Bila Anda mengikutinya, berarti Anda meningkatkan kemungkinan konten terlihat.

Tentang link profile

Photo credit: Google
Bagian besar dari algoritma Google (formula untuk menentukan hasil mesin pencarian) didasarkan pada review Google tentang bagaimana website dan konten online lain saling terhubung.
Efektivitas tautan ini bergantung pada kuantitas dan kualitas tautan. Biasanya Google menerima tautan ke situs Anda yang berasal dari sumber relevan dan punya otoritas. Di kasus ini, Google menganggap link seperti suara voting untuk konten website Anda.
Bila Anda memiliki website hotel dan mendapat review bagus dan tautan dari sebuah media online, ini sangat bagus. Ini berarti voting yang kuat.
Bila Anda mendapat link dari pasangan yang berencana menikah pada salah satu situs wedding planner dan mereka memberi tautan ke hotel Anda. Ini juga bagus. Meski tidak sebagus link dari media online tadi.
Bagaimana cara memperoleh link? Anda mungkin berpikir untuk membelinya tapi cara ini tidak akan berhasil.
Cara terbaik untuk memperoleh link adalah dengan kembali ke point 1. Konten yang bagus, konten yang menarik audiens biasanya meningkatkan kesempatan Anda memperoleh link dari website atau saluran media sosial lain.
Kursus SEO Platinum EVOLUTION Kursus Teknik SEO Terlengkap, Rahasia Terdalam dari Dunia SEO Saya Bongkar di Sini. Anda Bisa Dengan Mudah Merangkingkan Kata Kunci Apapun Di Search Engine.

Performa di perangkat gadget

Photo credit: Google
Semua mesin pencarian besar, terutama Google, memonitor performa website untuk visibilitas hasil pencarian.
Jadi website Anda harus loading dengan cepat. Kualitas server web yang menjadi host website Anda bisa memberi efek besar. Kualitas coding pada website Anda juga memberi dampak.
Dan optimasi gambar juga jadi faktor utama dalam waktu loading situs dan halaman. Jadi Anda perlu perhatikan faktor-faktor seperti ini.
Website Anda juga perlu mengatasi faktor pengalaman pengguna. Apakah website Anda dioptimasi untuk perangkat mobile? Apakah website Anda responsif? Atau Anda memiliki aplikasi khusus?
Bila website Anda tidak memberi pengalaman positif ke pengguna yang mengaksesnya dari berbagai perangkat atau platform, ini bisa secara negatif berdampak pada kemampuan konten untuk muncul di hasil pencarian.

Pentingnya media sosial

Photo credit: Google
Apa hubungannya media sosial dan iklan berbayar dengan SEO? Ini penting. Mesin pencarian memonitor aktivitas media sosial untuk membantu mereka menentukan konten online apa yang penting, relevan, dan sesuai untuk dimunculkan pada hasil pencarian.
Tahukah Anda kalau Google terhubung dengan Twitter? Dan Bing serta Facebook juga terintegrasi. Jadi, aktif di media sosial bisa jadi strategi yang sangat efektif. Ini membantu Google menentukan konten apa yang populer dan ini bisa mengalirkan traffic ke konten Anda.

Pengembangan konten saja tidak cukup

Photo credit: Google
Anda telah menciptakan konten yang bagus, Anda mengoptimasi halaman web, dan konten loading dengan sangat cepat. Apakah ini sudah cukup. Ternyata ini baru permulaannya. Masih ada lagi yang perlu Anda lakukan.
Hal yang kebanyakan orang tidak sadari adalah ini hanya bagian dari proses SEO. Aturan umumnya adalah Anda perlu meluangkan waktu untuk mempromosikan dan memasarkan konten Anda untuk membuat konten ini berada di urutan pertama.
Jadi misalnya Anda telah menerbitkan postingan blog. Sekarang waktunya untuk mempromosikannya melalui Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, dan sebagainya.
Bergantung konten dan target market Anda, mungkin bisa berdampak baik bila Anda mempostingnya di akun Reddit dan Tumblr. Sering kali, jenis konten dan orang yang coba Anda raih menentukan saluran terbaik untuk mempromosikan konten Anda.
Jadi, cocokkan usaha marketing dan promosi dengan konten dan siapa yang ingin Anda jangkau. Membangun relasi dengan influencer jadi bagian penting untuk strategi ini.

Penalti dari Google

Photo credit: Google
Bila Anda melakukan hal yang tidak disukai mesin pencarian, Anda akan mendapat masalah. Google bisa bersikap keras pada orang yang tidak mengikuti aturan mereka. Anda mungkin pernah mendengar penalti Google seperti Google Penguin dan Google Panda.
Tidak menyadari apa yang membuat Anda terkena ban atau penalti oleh Google sangat tidak membantu. Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan untuk SEO yang efektif.
Anda perlu juga tahu kenapa Anda tidak boleh lakukan hal-hal tertentu. Hal seperti membayar link atau menggunakan konten orang lain bisa menyebabkan penalti.
Bila Anda mendapat penalti dari Google. Kembali ke hasil pencarian bisa jadi usaha yang melelahkan dan mahal. Penalti dari Google juga akan berpengaruh negatif pada bisnis Anda.
Yang Perlu Anda Tahu Tentang Search Engine Optimization Yang Perlu Anda Tahu Tentang Search Engine Optimization Reviewed by Awn Chanel on 03.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.