Strategi Efektif Untuk Memasarkan Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner telah banyak memanfaatkan perkembangan teknologi. Pemilik bisnis kuliner tidak lagi hanya mengandalkan marketing tradisional dari mulut ke mulut.
Kebanyakan bisnis kuliner saat ini memanfaatkan media digital dan teknologi mobile. Meski sebagian sudah melakukannya dengan benar, kebanyakan masih kesulitan dengan strategi marketing mereka.
Kompetisi yang ketat menyebabkan sekitar 60 persen bisnis kuliner mengalami kegagalan, jadi penting untuk memperhatikan strategi marketing Anda. Sebagian bisnis kuliner gagal meski mereka punya makanan dengan rasa yang enak, sedang lainnya berhasil meski rasa makanan mereka biasa saja. Kenapa demikian? Ini karena bisnis kuliner lebih dari sekedar memasak makanan yang enak.
Keberhasilan sebuah bisnis kuliner bergantung pada strategi marketing-nya. Berikut ini cara efektif memasarkan bisnis kuliner Anda:

Manfaatkan media sosial

Photo credit: Google
Kita ada di era dimana platform media sosial jadi tempat untuk menemukan banyak gambar menarik. Anda perlu memanfaatkan platform media sosial untuk meningkatkan bisnis kuliner Anda .
Ada banyak platform media sosial, tapi ketika bicara tentang kuliner, Instagram jadi pilihan terbaik pertama, dan Facebook jadi pilihan terbaik kedua. Kunci keberhasilan Anda ada di  postingan gambar dan video tentang makanan. Bila Anda tidak tahu caranya, Anda perlu pekerjakan ahli sosial media untuk memberi Anda pengarahan yang tepat.

Buat website

Photo credit: Google
Punya website untuk bisnis kuliner sama dengan punya toko makanan di tiap sudut dunia. Bila Anda ingin bisnis kuliner tumbuh besar, maka Anda harus punya website profesional.
Sebuah website membuka kesempatan untuk market konsumen yang lebih besar.  Akan sangat mudah untuk pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada menemukan Anda. Membangun website memang bukan perkara gampang, tapi hasilnya akan sebanding. Terlebih, Anda bisa pekerjakan orang yang profesional untuk melakukan tugas ini.

Adakan kontes

Photo credit: Google
Mengadakan kontes jadi cara bagus untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda. Anda bisa adakan kontes offline maupun online. Ini berarti memulai kontes di restoran atau kafe Anda agar pelanggan bisa membagikannya secara online. Bayangkan, satu pelanggan dengan follower yang banyak meng-upload konten yang berhubungan dengan bisnis kuliner Anda. Mengadakan kontes tentu akan menyebarkan berita tentang bisnis kuliner Anda.

Jangan tinggalkan email marketing

Photo credit: Google
Email marketing jadi strategi penting lain untuk secara efektif memasarkan bisnis kuliner Anda. Ada dua cara untuk mengembangkan daftar email. Pertama, dengan meminta pelanggan mengisi formulir secara langsung, atau kedua, dengan meminta mereka mengisi form online.
Anda perlu tekankan pilihan kedua. Email marketing adalah cara efisien untuk membuat pelanggan kembali datang. Gunakan email marketing agar Anda bisa menunjukkan tambahan baru pada menu, potongan harga, dan penawaran menarik lainnya. Tapi email marketing bisa sulit bila tidak diterapkan dengan tepat. Jadi bila Anda baru di bidang email marketing, jangan lupa berkonsultasi untuk menemukan strategi marketing terbaik untuk bisnis kuliner Anda.

Rangkul food blogger dan influencer

Photo credit: Google
Satu strategi marketing paling bagus saat ini adalah memanfaatkan food blogger dan influencer. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda bisa manfaatkan jaringan para food blogger dan influencer dengan menghubungi mereka dan meminta mereka membagikan konten yang berhubungan dengan bisnis kuliner Anda. Anda bisa tawarkan insentif seperti makan gratis agar mereka mempopulerkan brand Anda di jaringan mereka.

Masuk ke daftar aplikasi makanan

Photo credit: Google
Beberapa aplikasi makanan berkembang karena permintaan dari konsumen. Konsumen tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menemukan tempat makan yang tepat. Yang perlu mereka lakukan adalah menginstal aplikasi makanan yang akan mengarahkan mereka ke restoran atau kafe terdekat.
Manfaatkan teknologi ini dengan bekerja sama dengan aplikasi makanan untuk memastikan restoran Anda masuk daftar. Masuk di daftar aplikasi makanan seperti ini memastikan Anda tidak kehilangan pelanggan potensial.

Social paying

Photo credit: Google
Banyak orang yang datang ke sebuah restoran, karena seorang teman merekomendasikannya. Anda bisa manfaatkan berita dari mulut ke mulut ini dengan menggunakan social paying. Apa yang dimaksud social paying? Sederhana, Anda beri pelanggan kesempatan untuk membayar makanan dengan membagikan info bisnis kuliner Anda di media sosial.
Bayangkan bila ada 10 pelanggan yang masing-masing punya seratus follower, mereka membagikan satu  info bisnis Anda di jaringan pertemanan mereka. Pasti Anda akan mendapat beberapa pelanggan yang ingin mencoba menu yang Anda tawarkan.

Marketing media sosial

Photo credit: Google
Marketing media sosial jadi satu tool paling kuat untuk bisnis apapun. Marketing media sosial bisa membuat sebuah kafe atau restoran berada di depan ribuan pelanggan potensial.
Marketing media sosial lebih dari sekedar brand awareness, tapi juga membantu Anda memperoleh pencerahan tentang konsumen target.
Marketing media sosial untuk kuliner juga membuka jalan untuk feedback dari pelanggan yang sudah ada. Untuk memperoleh marketing media sosial terbaik, harus dilakukan oleh orang yang ahli di media sosial. Anda bisa bekerja sama dengan mereka untuk mendapat rencana marketing media sosial terbaik untuk bisnis kuliner Anda.

Perhatikan reputasi online Anda

Photo credit: Google
Tak ada yang menghancurkan bisnis kuliner selain review yang buruk. Siapa yang ingin mengunjungi restoran dengan review makanan hambar dan serangga mati dalam makanan? Semua usaha online Anda bisa jadi sia-sia bila Anda tidak punya strategi manajemen untuk reputasi online.
Reputasi online untuk sebuah bisnis kuliner melibatkan merespon permintaan pelanggan dengan cara yang tepat dan merespon baik review positif atau negatif dengan cara yang baik. Tapi bila Anda tidak punya pengalaman dalam manajemen reputasi online, Anda perlu bekerja sama dengan orang yang ahli untuk membangun reputasi online Anda.
Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa strategi marketing untuk bisnis kuliner yang akan membuat bisnis Anda semakin meningkat. Tapi ada beberapa point yang perlu diingat:
  • Keberhasilan online dari bisnis kuliner Anda sangat bergantung pada performa offline Anda, jadi pastikan aktivitas offline Anda sudah tepat.
  • Jangan sembarangan  dengan internet marketing untuk bisnis kuliner Anda. Cari orang yang ahli bila Anda ingin unggul di strategi ini.
  • Lakukan kerja sama dengan  perusahaan marketing profesional untuk memastikan marketing bisnis kuliner yang sukses.
Dengan menjalankan tips di atas, Anda bisa jadikan bisnis kuliner Anda semakin berkembang.
Strategi Efektif Untuk Memasarkan Bisnis Kuliner Strategi Efektif Untuk Memasarkan Bisnis Kuliner Reviewed by Awn Chanel on 02.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.