Daftar Hobi Untuk Mengatasi Stres

Gaya hidup yang kita jalani sekarang bisa menimbulkan stres, jadi penting untuk punya waktu untuk melakukan sesuatu demi sekedar bersenang-senang. Meski ada banyak hobi yang bisa dipilih, ada beberapa hobi untuk mengatasi stres. Pelajari manfaatnya masing-masing, dan Anda bisa memulai hobi baru untuk mengatasi stres.
Tiap orang pasti pernah mengalami stres. Stres merupakan bagian dari hidup. Stres yang ekstrim atau berkelanjutan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Untungnya, melakukan hobi tertentu bisa membantu Anda meredakan stres dan menurunkan risiko masalah kesehatan yang terkait dengan stres.

Kenapa stres berbahaya?

Stres merupakan respon tubuh terhadap situasi berbahaya. Detak jantung cepat dan tingginya ketegangan tubuh adalah respon yang membuat Anda mengalirkan darah dan oksigen lebih banyak. Selama stres, tubuh melepas hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, yang meningkatkan tekanan darah dan jumlah gula di darah.
Stres yang berkepanjangan tidak bagus untuk tubuh. Ini terutama pada orang dewasa. Sel yang mulai tua, penurunan kebugaran jantung, dan penurunan kapasitas paru-paru terkait dengan proses penuaan sehingga lebih sulit bagi tubuh yang sudah tua untuk mengatur hormon.

Efek stres

Photo credit: Google
Paparan jangka panjang terhadap stres bisa membuat Anda berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, antara lain:
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Masalah pencernaan
  • Sakit kepala
  • Masalah tidur
  • Penambahan berat badan
  • Gangguan memori.

Hobi untuk mengatasi stres

Berikut ini rekomendasi beberapa hobi untuk membantu Anda menurunkan tingkat stres:

Fotografi

Photo credit: Google
Baik Anda belajar untuk mengambil gambar lebih baik atau ingin masuk ke dunia seni, fotografi bisa jadi hobi yang tepat. Ketika Anda berlatih melihat dunia melalui mata fotografer, Anda bisa mulai melihat berbagai hal secara berbeda. Hasil akhirnya?  Tidak hanya Anda punya hobi menarik tapi Anda melihat dunia terasa lebih cantik dan damai.

Menempel gambar di media kertas (scrapbooking)

Photo credit: Google
Scrapbooking menggabungkan seni jurnal untuk menciptakan sarana unik menampilkan memori dan mewariskannya ke generasi berikutnya.
Scrapbooking menawarkan banyak kesempatan bersosialisasi mulai dari bentuk kelas, perkumpulan, dan forum, serta jadi hal yang membebaskan Anda dari stres, dengan menciptakan sesuatu yang cantik dan bisa dinikmati.

Memelihara ikan di aquarium

Photo credit: Google
Melihat ikan di aquarium telah terbukti memiliki manfaat kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Menjaga aquarium dengan ikan yang cantik bisa jadi hobi bermanfaat karena membutuhkan perhatian teratur, berpotensi Anda bertemu dengan penggemar ikan, dan memberi Anda kesempatan menciptakan sesuatu yang unik.

Menggambar

Photo credit: Google
Anda bisa kembangkan sisi seni dan gunakan menggambar sebagai cara untuk memproses emosi, mengalihkan diri, dan memperoleh manfaat manajemen stres. Hasil akhirnya akan jadi sesuatu yang indah dan personal yang bisa Anda nikmati atau bagikan.
Anda bisa jadikan seni menggambar sebagai sarana untuk mengekspresikan sisi kreatif dan menurunkan stres.
Menggambar jadi cara mengalihkan pikiran dari stres, setidaknya selama beberapa menit. Sulit untuk memikirkan masalah ketika Anda fokus menggambar. Dan bila masalah belum juga teratasi, Anda bisa mengekspresikannya dalam kreasi Anda. Lalu ketika Anda selesai menggambar Anda punya kepala dan pikiran yang lebih jernih.

Melukis

Photo credit: Google
Melukis memberi manfaat pereda stres seperti menggambar, tapi melalui media berbeda.

Merajut

Photo credit: Google
Selain membantu Anda menciptakan kerajinan cantik untuk Anda atau orang lain, merajut memberi Anda kesempatan untuk meredakan stres. Gerakan berulang dalam merajut bisa membuat Anda merasa “mengalir” atau setidaknya memberi Anda cara mengeluarkan energi negatif.

Bermain piano

Photo credit: Google
Musik punya banyak manfaat kesehatan dan juga memberi manfaat untuk mengurangi stres. Meski mendengarkan musik mungkin bisa dianggap hobi, menciptakan musik bahkan jadi hobi yang bisa lebih kuat meredakan stres, karena bisa menyerap perhatian penuh dan menjadi kendaraan untuk mengekspresikan kreativitas.
Belajar memainkan alat musik seperti piano bisa jadi pereda stres untuk Anda serta orang di sekitar Anda ketika Anda membagikan hasil karya Anda.
Musik bisa mempengaruhi tubuh dengan banyak cara, yang jadi dasar untuk terapi musik. Tapi Anda bisa gunakan musik di kehidupan keseharian dan memperoleh banyak manfaat untuk diri Anda sendiri.
Salah satu manfaat besar dari musik adalah sebagai pereda stres yang bisa digunakan ketika Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga tidak memakan waktu dari jadwal kesibukan Anda. Musik memberi warna dalam hidup dan Anda bisa menikmati apa yang Anda lakukan sekaligus menurunkan stres.
Dapatkan Panduan 7 Hari Mahir Bermain GitarPanduan cara bermain gitar basic hingga intermediate, dengan disertai kunci chord dan bonus lagu-lagu berserta chord yang langsung bisa Anda mainkan dengan mudah.
Anda bisa memulai hari dengan musik. Pilih musik yang tepat, Anda bisa sesuaikan untuk hari yang terasa begitu berat.
Musik klasik atau instrumental bisa membantu Anda menjadi tenang dan fokus. Bila Anda menjalani hari yang sibuk yang membutuhkan energi besar, coba musik yang upbeat dan membuat Anda menari dan tersenyum.

Menulis

Photo credit: Google
Banyak orang menganggap menulis sebagai cara untuk meredakan stres. Menulis baik untuk jurnal priadi, sebagai penulis amatir, atau sebagai profesional, adalah hobi yang bisa membuat rileks, dan Anda jadi punya sesuatu untuk dibagikan ke orang lain.

Berkebun

Photo credit: Google
Berkebun bisa jadi pereda stres karena banyak manfaatnya, termasuk membuat Anda terkena sinar matahari dan udara segar, menciptakan lingkungan yang cantik setiap hari, dan banyak lagi.
Berkebun jadi cara tepat untuk mengatasi stres. Meski Anda hanya punya lahan kecil, membuat area cantik yang alami bisa meredakan tingkat stres, dan taman yang Anda ciptakan bisa lebih memberi rasa damai.
Pada sebuah penelitian, peserta diminta melakukan tugas yang menimbulkan stres dan lalu ditanya apakah ingin melakukan berkebun selama 30 menit atau 30 menit membaca. Meski kedua kelompok mengalami penurunan stres, yang memilih berkebun mengalami penurunan tingkat stres yang lebih signifikan, yang diukur berdasarkan tingkat hormon stres kortisol, serta punya mood positif yang lebih penuh. Berkebun secara jelas punya dampak positif pada stres serta mood.

Berkebun dan terkena sinar matahari

Photo credit: Google
Hanya dengan keluar rumah dan terkena sinar matahari bisa meningkatkan mood. Matahari juga menyediakan vitamin D, dan udara segar yang bagus untuk kesehatan Anda. Keluar rumah untuk sibuk di kebun adalah cara bagus untuk memperoleh lebih banyak manfaat sinar matahari.

Terlibat dengan alam

Photo credit: Google
Keluar rumah dan berinteraksi dengan alam bisa membuat Anda merasa lepas dari stres sehari-hari. Dengan banyaknya waktu yang kita habiskan di dalam ruangan baik saat bekerja, menonton TV, dan sebagainya, banyak orang belum memenuhi kebutuhannya untuk terhubung dengan alam.
Meski Anda tidak punya waktu untuk berkemah atau traveling ke pegunungan, cukup dengan berada di teras belakang rumah bisa membantu Anda merasakan sensasi dekat dengan alam.
Daftar Hobi Untuk Mengatasi Stres Daftar Hobi Untuk Mengatasi Stres Reviewed by Awn Chanel on 07.47 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.